Jumat, 25 Mei 2012

0 Perencanaan link budget calculation


Salam kenal kepada seluruh blogger ditanah air,inilah posting pertama kali saya di blog yang masih seumur jagung.untuk selanjutnya bagi para pembaca blog ini , saya akan menggunakan istilah Dulur ( sahabat dalam bahasa jawa ) untuk memanggil pembaca blog ini. kira kira ini sudah cukup untuk perkenalan pertama pada postingan hehe.
Kali ini saya ingin berbagi dan bukan menggurui masalah tentang perencanaan Link Budget Calculation yang biasanya di implementasikan di dunia transmisi Gelombang Mikro.yang perlu di ingat disini bahwa semua ini saya tujukan kepada para newbie dalam dunia transmisi ,karna tujuan dari postingan kali ini saya ingin mendapatkan timbal balik dan koreksi dari para Dulur yg sudah expert dalam masalah transmisi gelombang mikro.  dengan berkembangnya jumlah penduduk yang otomatis bertambah pula penggunaan transmisi radio ini . Hal ini akan menyebabkan masalah antara lain gangguan dari frekuensi yang saling berdekatan ( interference ) .  
Sebelum kita melakukan perhitungan badget calculation link, hal yang perlu kita ketahui terlebih dahulu yaitu dasar dari analisa perancangan, dimana dasar perancangan tersebut terdiri dari 8 Model atau metode diantaranya :
1. Model ukumara Hatta
2. Propagasi Gelombang Radio Line Of Sight 
3. Model Walfish-Ikegami
4. Menghitung Link budget
5. Menentukan EIRP
6. Menentukan FSL
7. Menentukan IRL
8. Menentukan RSL
Semua analisa tersebut dapat dilakukan dengan suatu Software yang bernama Pathloss,sayangnya software ini berbayar ( Licensed ),untuk yang versi freeware kayaknya agak sulit di cari dimbah google hehe,,mungkin untuk lebih lengkapnya langsung download file melalui link dibawah ini,,agar bisa dipelajari secara offline,siapa tahu listrik mati compi dulur nggak pakai UPS lagi,belum bookmark linknya juga,kan jadi berabe jadinya,:-) .

sekian dari saya ,salam buat dulur2 blogger
thank kiu

0 komentar:

Posting Komentar

 

BroWahyu Copyright © 2011 - |- Template created by Browahyu - |- Powered by www.zembrani.co.cc